Jurus Panca Lima (Jurus Pamungkas Beksi H.Hasbullah)

Jurus Panca Lima (Jurus Pamungkas Beksi H.Hasbullah)

5265
SHARE

Bertempatan kediaman salah satu anggota Perguruan Pencak Silat BEKSI di daerah Serang, Banten maka diturunkanlah jurus terakhir Perguruan Pencak Silat BEKSI yang dinamakan Jurus Panca Lima ciptaan hasil karya terbesar dari Alm. H. Hasbullah sebelum beliau meninggal dunia.

Sudah hampir 23 tahun yang lalu tepatnya tahun 1989 jurus ini masih dipegang teguh oleh dua orang murid H. Hasbullah (Ir. Farid dan H. Basir, SE) dan belum sempat diturunkan kepada generasi penerus Perguruan Pencak Silat BEKSI yang lain. Perlu diketahui bahwasanya jurus Panca Lima  ini diwariskan kepada dua orang, dan tidak bisa diturunkan kecuali dengan campurantangan dari dua orang tersebut didalam memperagakan jurus Panca Lima ini. Hal itu berguna untuk tetap memelihara keaslian dan kemurnian dari jurus tersebut, sesuai apa yang diamanahkan oleh Alm. H. Hasbullah.

Pada tanggal 22 Februari 2012 tepat pukul 17.00 W.I.B diwariskanlah jurus tersebut kepada salah seorang murid yang telah mengabdi kepada Perguruan Pencak Silat BEKSI selama ± 20 tahun yang dipercaya menjaga amanah guru besar H. Hasbullah yang merupakan salah satu dari ke empat guru Besar yang diakuin oleh Perguruan Pencak Silat BEKSI (Lie Cheng Oek, Ki Marhali, H. Ghozali dan H. Hasbullah).

Saat diturunkannya jurus Panca Lima ditandai dengan pecahnya cincin kesayangan saudara Ir. Farid sebanyak lima bagian disaat mulainya diperagakannya jurus Panca Lima tersebut. Hal tersebut mungkin secara kebetulan, menjadi tanda “Mahar” diberikannya jurus Panca Lima yang merupakan jurus pamungkas dan penutup dari intisari seluruh Jurus yang ada dalam Perguruan Pencak Silat BEKSI.

Jurus Panca Lima, yang merupakan jurus terakhir dari Perguruan Pencak Silat BEKSI, alhamdulillah seluruh gerakan demi gerakan yang ada dalam jurus tersebut masih di ingat dengan baik oleh Ir. Farid dan H. Basir, SE dan disaksikan oleh Dewan Pembina Perguruan Pencak Silat BEKSI yaitu bapak Sahabudin yang juga merupakan Dewan Pendekar Perguruan Pencak Silat BEKSI.

Maka dengan diturunkannya jurus Panca Lima tersebut berarti bebaslah beban amanah dalam memegang jurus yang merupakan jurus yang konon kabarnya dinyatakan Hilang/Raib dari dunia Persilatan, khususnya perguruan-perguruan yang mengatasnamakan dirinya sebagai perguruan yang beraliran seni ilmu bela diri BEKSI. Besar harapan kami, semoga Jurus Panca Lima dapat bermanfaat dan dimanfaatkan demi kebaikan dan dipegunakan untuk membela kebenaran sekaligus menjadi amal jariyah H. Hasbullah yang telah mendidik para pesilat BEKSI dengan penuh ikhlas dan ketulusan. Semoga Hasil karya beliau yang merupakan masterpiece ini dapat menjadi bukti nyata akan kemurnian dan ketulusan para pesilat-pesilat BEKSI yang senantiasa berupaya dan berjuang demi melestarikan dan membudidayakan ilmu seni bela diri silat BEKSI.